Roman Keheningan

Ayam baru saja berkokok, fajar di hari baru kembali seolah berkata pada manusia dengan bahasa cahaya kemuningnya bahwa ia hendak mengitari bumi. Subuh, adzan membahana menembus ruang jalan setapak penuh kerikil berserak tanpa pola dan terpental-pental ke tengah pepohonan rindang yang kokoh berdiri memerankan dirinya sebagai tirai hunian manusia. Nada merdu gemercik sungai yang dipetik oleh jari-jemari manusia segera menyusul. Siapa yang tidak terganggu tidurnya oleh harmoni semacam ini untuk segera ikut bergabung, mencari peran dalam kehidupan barang satu hari dalam perputaran lingkaran jejak langkah.

Ada orang tua yang sigap mengayuh kaki untuk ikut dalam arena pembentuk sejarah keagamaan. Ada para Ibu yang tetap hangat mengambil peran keindahan pandang akan rumah suami dan anaknya kala angin pagi hilir mudik menggoda kulit manusia. Ada ayah yang telah siap memutar nasip keluarganya pada setiap putaran sepedanya.

Terlalu dramatis memang suasana yang masih terjaga tata kejujuran kerjanya. Pedesaan masih tetap merawat keindahan wajah aslinya sesuai kodrat adanya. Dan masih menjaga sifat dan sikapnya terhadap ruang, waktu dan unsur pengisinya yang penuh kemungkinan untuk semuanya saling bercermin satu sama lain.

Manakala pagi bertamu pada ruangnya, anak kecil serba seragam bergandengan bersama-sama menuju sekolah mereka yang kecil. Bertemu dengan Guru murah senyum yang digajih hanya dengan beras hasil panen orang tua muridnya.

Ramadhan tahun ini, aku lebih banyak menghabiskan waktu di kampus. Aku rindu suasan tersebut, Desa orang tua Ayahku. Mudah-mudahan bisa ke sana di lain kesempatan.

7 Agustus 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s